Posted by : Unknown Rabu, 12 Desember 2012




“PERGI DAN TEMUILAH MASYARAKATMU, HIDUPLAH DAN TINGGALLAH BERSAMA MEREKA, CINTAI DAN BERKARYALAH BERSAMA MEREKA. MULAILAH DARI APA YANG TELAH MEREKA MILIKI, BUAT RENCANA LALU BANGUNLAH  RENCANA ITU DARI APA YANG MEREKA KETAHUI, SAMPAI AKHIRNYA, KETIKA PEKERJAAN USAI, MEREKA AKAN BERKATA : KAMILAH YANG TELAH                 MENGERJAKANNYA. Lau tze                                                                                            



MANAJEMEN DAN ORGANISASI ? ? ?
            Adalah bukan tujuan tetapi alat untuk mencapai tujuan yang  diinginkan



Manajemen Berasal Dari Kata “ To Manage “ Artinya Mengatur

        MANAJEMEN = = MENGATUR ?
*           APA YANG DIATUR
Adalah unsur-unsur manajemen yang terdiri dari Men, money,method, materials, machines and market disingkat dengan 6 M
*           KENAPA HARUS DIATUR
Agar 6 M lebih berdaya guna, berhasil guna, terintegrasi dan terkoodinir dalam mencapai tujuan yang optimal
*           SIAPA YANG MENGATUR
Adalah pemimpin dengan kewenangan kepemimpinannya.
*           BAGAIMANA MENGATURNYA
Melalui proses dari urutan fungsi-fungsi manajemen
*           DIMANA HARUS DIATUR
Dalam organisasi atau perusahaan





FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Menurut Hendry Fayol
1)     Perencanaan
2)     Pengorganisasian
3)     Pemberian komando / perintah
4)     Pengkoordinasian
5)     Pengawasan

Menurut Geoge R. Terry
1)     Perencanaan
2)     Pengorganisasian
3)     Pelaksanaan
4)     pengawasan

Mengapa Manajemen itu penting
8   Pekerjaan berat dan sulit yang dikerjakan sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab dalam penyelesaiannya
8   Perusahaan dapat berhasil baik jika manajemen diterapkan dengan baik
8   Manajemen yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil guna
8   Akan mengurangi pemborosan-pemborosan
8   Menetapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkannya
8   Perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan
8   Pencapian tujuan secara teratur
8   Pedoman pikiran dan tindakan
8   Selalu dibutuhkan dalam kerjasama kelompok


DASAR PERSYARATAN AGAR MANAJEMEN
DAPAT DITERAPKAN
o   Adanya tujuan dan kepentingan yang sama yang akan dicapai
o   Adanya kerjasama diantara sekelompok orang dalam ikatan formil
o   Adanya pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab yang teratur
o   Adanya hubungan formil dan ikatan tata tertib yang baik
o   Adanya sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan
o   Adanya organisasi (wadah) untuk melakukan kerja sama
o   Adanya wewenang
o   Adanya koordinasi, integrasi dan sincronisasi dari proses manajemen tersebut
o   Adanya pemimpin/pengatur dan bawahan yang akan diatur


PENGERTIAN MANAJEMEN
§  Suatu usaha merencanakan, mengorganisasi ( mengarahkan), mengkoordinir serta mengawasi kegiatan dalam organisasi secara efectif dan efesien  ( Sukanto Reksohadipraja)
§  Suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan kontroling atas usaha anggota organisasi dan pemakaian sumber-sumber organisasi untuk tujuan oragnisasi yang sitetapkan (James A.F.Stoner)
§  Suatu kiat (seni) bagaiamana melaksanakan sesuatu melalui orang lain   ( Mary Parker Follet)

ORGANISASI
Penegertian Umum
*                 Suatu alat atau sarana untuk mencapai tujuan
*                 Suatu wadah kegiatan dari orang-orang yang bekerjasama dalam usaha mencapai tujuan
*                 Setiap orang harus jelas tujas, wewenang, tanggungjawab dan hubungan satu sama lain

Defenisi
Kamus Administrasi
8    Organisasi adalah suatu system usaha kerjasama dari kelompok orang untuk mencapai tujuan
Mc Farland
8    Organisasi adalah suatu kelompok manusia yang dapat dikenal dan menyumbang usahanya terhadap tercapainya suatu tujuan

Ciri-ciri Organisasi
o        Adanya tujuan tertentu yang akan dicapai
o        Adanya system kerja sama yang terstruktur dari sekelompok orang
o        Adanya pembagian kerja dan hubungan kerja antara sesame karyawan
o        Adanya Penetapan dan pengelompokan pekerjaan yang terintegrasi
o        Adanya Keterikatan formal dan tata tertib yang harus ditaati
o        Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
o        Adanya unsure-unsur dan alat-alat organisasi
o        Adanya penempatan orang-orang yang akan melakukan  pekerjaan




PROSES PENGORGANISASIAN
1)           Memahami tujuan
2)           Memahami kegiatan
3)           Mengelompokkan kegiatan
4)           Mengubah kelompok kegiatan kedalam bentuk jabatan :
·        Analisis tugas (job Analisis)
·        Uraian Tugas ( Job Discription)
·        Penilaian Tugas ( Job Evaluation
5)           Melakukan pengelompokan jabatan
6)           Mengubah kelompok-kelompok jabatan ke dalam bentuk satuan organisasi atas dasar kesamaan :
·        Fungsi jabatan
·        Proses atau cara kerja organisasi
·        Hasil (produk ) dari jabatan
·        Kelompok masyarakat yang memanfaatkan hasil dari jabatan tersebut
·        Lokasi dari jabatan
7)           Membentuk struktur organisasi
8)           Menentukan tata cara dalam organisasi (AD/ART)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

- Copyright © Alvaro -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -